Senin, 23 Agustus 2010

ALAT CETAK ES KRIM

Setelah berhasil membuat alat pembuat es krim, selanjutnya berfikir bagaimana membuat produk yang sama seperti Ice Cream Walls. Dari hasil pengamatan dan merasakan Ice Cream Walls yang memang enak, agak down juga. Apa bisa? Setelah menimbang-nimbang, akhirnya diputuskan untuk sama dahulu “bentuk”nya rasa belakangan.
Selanjutnya mengambil keputusan berikutnya yaitu membuat bentuk yang paling mudah. Bentuk yang paling mudah untuk dicontoh adalah Padle Pop.

Mulailah membuat cetakan dari kayu, selanjutnya cetakan itu digunakan sebagai dasar pembuatan cetakan es krim. Bahan cetakan yang digunakan adalah Aluminium, selain harganya murah juga mudah dibentuk. Kesulitannya adalah menghubungkan dua cetakan. Jalan keluar yang diambil adalah dengan mengkaitkan antar dua cetakan untuk kemudian di press. Untuk mengantisipasi kebocoran, setiap sudut diberi lem plastik.
Setelah beberapa cetakan jadi, disusunlah cetakan tersebut pada sebuah penampang aluminium tebal yang sudah diberi lubang seukuran cetakan (Gambar terlampir). Antara penampang dengan cetakan Es Krim dihubungkan dengan lem.

Jadilah alat untuk membuat/mencetak Es Krim bentuk ala Padle Pop. Untuk rasa harus melakukan uji coba berikutnya.

Spesifikasi alat :
-  Tinggi 11 cm
-  Panjang 4 cm
-  Lebar  1,5 cm
Kelemahan Alat :
-  Dibuat dari bahan Aluminium (mudah kotor, daya hantar dingin kurang maksimal)
-  Penghubung cetakan masih menggunakan lem (mudah lepas)
Kelebihan Alat :
-  Proses produksi bisa lebih cepat dan jamlah yang dihasilkan banyak.
-  Biaya pembuatan murah (Dibawah Rp. 1.000.000)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar