Senin, 23 Agustus 2010

Alat pembuat es cream

ALAT PEMBUAT ES KRIM

Hampir semua orang pasti kenal Es Krim, dan hampir semua orang juga menyukai Es Krim. Tidak hanya Es Krim, Es lilin pun banyak yang menyukainya.
Terinspirasi pada Es Goyang, terutama cara pembuatannya yang hanya mengandalkan Es batu dan Garam Curah, ingin rasanya membuat sesuatu yang lebih dari sekedar menggoyang bahan sehingga jadi sebuah es.

Bahan Es lilin dimasukkan dalam sebuah plastik, diikat, dimasukkan dalam sebuah nampan berisi es batu dan campuran garam, lalu digoyang, dan jadilah Es lilin.

Andaikata Es batu diganti freezer, pasti bisa!
Kali ini terinspirasi pada bengkel mesin AC dan Kulkas. Bila Evaporator pada kulkas/freezer rusak dan tidak ada gantinya, pasti oleh tukang AC akan diakali dengan membuat lapisan/alur baru dengan bahan pipa tembaga.

Perpaduan dari dua inspirasi diatas, dengan sedikit coretan diatas kertas, jadilah maket alat pembuat Es Krim. Dengan memanfaatkan box plastik (baru), Compresor Kulkas(bekas), pendingin kulkas (bekas), dryer (bekas), besi siku (bekas), Sterofoam(bekas), Peredam Salon(Baru), pipa tembaga 9 meter (baru). Mulailaih mewujudkan alat pembuat es Krim.
Proses pembuatan memerlukan waktu 1 Minggu, dari pengelasan body mesin sampai dengan mengisi gas freon (Pengelasan pipa tembaga dan pengisian Gas minta bantuan tukang AC). Dan … test perdana dimulai, kotak diisi air dan garam curah, stop kontak dipasang.
Wow, 90% berhasil, dengan proses pendinginan yang cepat. Proses pendinginan pertama adalah 30 menit, tahap kedua 60 menit tahap ketiga 90 menit dan tahap ke empat 120 menit. Disetiap tahapan dilakukan uji coba dengan memasukkan bahan es dalam plastik dan dimasukkan dalam box mesin. Dari hasil uji coba menunjukkan bahwa semakin lama proses pendinginan akan semakin cepat hasil yang diperoleh. Titik beku tertinggi yang di peroleh adalah -10oC.
Dari hasil uji coba ini telah berhasil membuka peluang kerja baru.

Spesifikasi alat :
Tinggi 79 cm
Panjang 54 cm
Lebar 40 cm
Kelemahan Alat :
Hitungan panjang tembaga masih belum tepat, pendinginan belum sempurna.
Compresor panas tinggi (harus dibantu kipas)
Kelebihan Alat :
Proses produksi bisa lebih cepat
Biaya pembuatan murah (Dibawah Rp. 500.000)
Proses pembuatan alat ini dibantu sepenuhnya oleh remaja & pemuda binaan.

1 komentar:

  1. wah hebat juga idenya. kalau di pake di gerobak bisa tidak? kalau bisa saya tertarik juga tuh. hendralee2000@gmail.com

    BalasHapus