Senin, 23 Agustus 2010

ALAT PEMBUAT CISTIK

ALAT PEMBUAT CISTIK

Cistik adalah makanan ringan yang terbuat dari bahan tepung terigu ditambah bumbu-bumbu. Rasanya gurih dan nikmat bila disertai dengan minuman hangat, sangat cocok sebagai teman mengobrol.
Dibalik renyah dan gurihnya cistik, ternyata proses pembuatannya sangatlah rumit. Untuk menghindari kerasnya cistik setelah digoreng, bahan tepung harus digiling terlebih dahulu minimal 3 (tiga) kali gilingan.

Hasil dari tiga kali gilingan tersebut juga membuat cistik setelah digoreng tidak hanya renyah akan tetapi juga bentuknya menggelembung.

Dari proses yang rumit ini akhirnya muncul gagasan, bagaimana jika alat tersebut dibuat bertingkat/bersusun.
Setelah melelui proses gambar dasar, dibuatlah alat menggunakan sebagain besar dengan barang bekas (Gambar terlampir). Rangka menggunakan besi siku(bekas), rantai sepeda (bekas), gear speda (bekas), alat kayuh sepeda beserta As (Bekas). Alat yang baru hanya penggilingnya saja.

Pembuatan alat ini memerlukan waktu 4 (empat) hari. Setelah uji coba ternyata ada sedikit kesalahan, yaitu As penggiling ada yang bengkok akibat panasnya Las listrik saat pengelasan dudukan mesin giling. Dengan sedikit perbaikan akhirnya jadilah mesin giling yang digerakkan dengan kaki melalui pedal.
Dari hasil uji kecepatan proses produksi, dengan alat ini diperoleh hasil 4 kali lebih cepat dibandingkan dengan cara manual sebelumnya.

Spesifikasi alat :
- Tinggi 120 cm
- Panjang 50 cm
- Lebar  49 cm
- Penggerak : manual (dikayuh)

Kelemahan Alat :
- Masih manual
- Alat harus sering dibersihkan

Kelebihan Alat :
- Proses produksi bisa lebih cepat
- Biaya pembuatan ekonomis (Dibawah Rp. 500.000)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar